Media Alternatif Pertumbuhan Miselium Bibit F2 Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) dan Jamur Merang (Volvariella Volvaceae) Dengan Batang Jagung dan Batang Pisang

Main Article Content

Najihul Imtihanah Mumtazah Nuriana Nuriana Suparti Suparti

Abstract

Kualitas bibit F2 menentukan kuantitas dan kualitas produksi jamur tiram dan jamur merang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan misellium bibit F2 jamur tiram dan jamur merang pada media batang Jagung dan batang pisang. Jenis penelitian yang digunakan berupa eksperimen dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor 1 jenis media: M1 (Batang pisang 100 g), M2 (batang jagung 100 g). Faktor 2 bibit F1 : J1 (bibit F1 jamur tiram), J2 (bibit F1 jamur merang). Parameter yang diukur adalah panjang, penyebaran dan ketebalan pertumbuhan misellium. Data diuji dengan analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, panjang, penyebaran, dan ketebalan misellium pada media batang pisang yaitu 8,9 cm, penyebaran rapat sangat tebal, dan tumbuh lebat sedangkan pertumbuhan misellium pada media batang jagung pada jamur tiram yaitu dengan panjang 8,3 cm, dengan penyebaran tebal merata dan ketebalan rapat sangat tebal, sedangkan pada jamur merang dengan media batang jagung, panjang 8.1 cm dengan penyebaran tebal meratadan ketebalan rapat sangat tebal dan media paling lambat pertumbuhan miselium adalah pada media batang pisang jamur merang yaitu dengan panjang 4,0 cm dengan penyebaran rapat dan ketebalan tipis merata.

Article Details

How to Cite
MUMTAZAH, Najihul Imtihanah; NURIANA, Nuriana; SUPARTI, Suparti. Media Alternatif Pertumbuhan Miselium Bibit F2 Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) dan Jamur Merang (Volvariella Volvaceae) Dengan Batang Jagung dan Batang Pisang. URECOL, [S.l.], p. 287-294, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1284>. Date accessed: 17 dec. 2017.
Section
Articles