Multimedia Pembelajaran SD Berbasis Konstruktivistik

Main Article Content

Suyoto Suyoto
Mita Hapsari Jannah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran SD berbasis teori belajar konstruktivistik pada kompetensi bangun datar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, development, disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Data diambil melalui wawancara, observasi, angket validasi, angket respon, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskripsi kualitatif, deskripsi kuantitatif, dan uji-t. Pada tahap define dilakukan wawancara dan observasi untuk menelaah kurikulum SD dari kelas I sampai kelas V sehingga diperoleh kompetensi bangun datar. Kemudian untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa kelas V SD yakni kebutuhan multimedia PPT dan whiteboard sebagai media yang membantu konstruksi konsep bangun datar. Pada tahap design dilakukan perancangan multimedia draft I. Draft I mengalami pengembangan pada tahap development dengan angket validasi dari validator ahli media dan ahli materi. Draft I dinyatakan valid dengan revisi yakni mempermudah konstruksi rumus luas bangun datar dan menambah animasi. Selanjutnya dikembangkan draft II untuk diujicobakan kepada 15 siswa kelas V. Hasil observasi catatan lapangan dan angket respon menunjukkan bahwa 15 siswa tersebut puas dengan multimedia draft II, siswa semakin paham pengertian bangun datar tidak dengan hafalan saja, serta semakin paham asal-usul rumus luas dan kelilingnya. Revisi menuju draft III yakni penambahan suara tepuk tangan sebagai penghargaan kepada siswa. Draft III ini kemudian diujicobakan kepada 30 siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga didapatkan hasil tes dimana thitung = 11,537 dengan ttabel = 1,670. Artinya prestasi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi siswa kelas kontrol. Draft III berkembang menjadi produk akhir yang kemudian disebarkan pada tahap disseminate. Penyebaran dilakukan dengan penyerahan produk kepada guru, pelatihan kepada guru, dan seminar nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles