Pengaruh KB IUD Pasca Salin (Intracaesarian IUD) Terhadap Proses Involusi Uteri Pada Ibu Nifas

Main Article Content

Endang Sawitri Sri Wahyuni

Abstract

Program Keluarga Berencana Nasional mempunyai kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas penduduk. Program ini dapat terwujud dengan cara mengendalikan kelahiran yang ditempuh melalui penggunaan kontrasepsi. Program KB memiliki peranan dalam menurunkan resiko kematian ibu melalui pencegahan kehamilan, penundaan usia kehamilan serta menjarangkan kehamilan dengan sasaran utama adalah ibu nifas. Program pemerintah dalam upaya mengendalikan jumlah kelahiran dan mewujudkan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera yaitu melalui konsep pengaturan jarak kelahiran. Angka kelahiran di Indonesia masih tinggi dan kira-kira 15% dari seluruh wanita hamil mengalami komplikasi dalam persalinan.


Tujuan penelitian mengetahui Pengaruh KB IUD Pasca Salin (Intracaesarian IUD) terhadap Proses Involusi Uteri pada Ibu Nifas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik korelasional. menggunakan pendekatan case-control dilakukan dengan cara membandingkan antara kelompok kasus dengan kelompok kontrol. yang menjadi kelompok  kasus yaitu ibu post section caesarea  akseptor KB Intracaesarian IUD, sedangkan yang menjadi kelompok kontrol yaitu ibu post section caesarea yang tidak menjadi akseptor KB Intracaesarian IUD.


      Hasil Pelaksanaan KB Pasca Salin (Intracaesarian IUD) pada kelompok eksperimen sebanyak 29 responden (50%) dan kelompok kontrol sebanyak 29 responden (50%). pengukuran involusi uteri dari 29 responden kelompok eksperimen pada hari pertama sebagian besar mengalami percepatan proses involusi uteri yaitu 21 responden (74,2%) dan pada hari ketiga sebagian besar mengalami perlambatan proses involusi uteri yaitu 18 responden (62,1%). Sedangkan dari 29 responden kelompok kontrol pada hari pertama sebagian besar proses involusi uterinya normal yaitu 15 responden (51,7%). Dan pada hari ketiga sebagian besar mengalami perlambatan proses involusi uteri yaitu 22 responden (75,9%). Ada pengaruh KB Intracaesarian IUD terhadap involusi uteri pada ibu nifas. 

Article Details

How to Cite
SAWITRI, Endang; WAHYUNI, Sri. Pengaruh KB IUD Pasca Salin (Intracaesarian IUD) Terhadap Proses Involusi Uteri Pada Ibu Nifas. URECOL, [S.l.], p. 311-320, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1363>. Date accessed: 17 dec. 2017.
Section
Articles