Efektivitas Relaksasi Otot Progresif dan Massage Kaki dengan Pemberian Essential Oil Kenanga dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia

Main Article Content

Wahyuni Wahyuni Enik Suhariyanti Sigit Priyanto

Abstract

Proses penuaan terjadi secara alami dengan konsekuensi timbulnya masalah fisik, mental, dan sosial. Salah satu masalah fisik yang biasanya terjadi pada lansia adalah meningkatnya tekanan darah atau Hipertensi. Terapi nonfarmakologis yang digunakan diantaranya relaksasi otot progresif dan massage kaki dengan essential oil kenanga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan relaksasi otot progresif dan massage kaki dengan pemberian essential oil kenanga dalam menurunkan tekanan darah tinggi/Hipertensi pada lansia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian two group pre post test design, yaitu terdiri dari dua kelompok intervensi, satu kelompok diberikan intervensi relaksasi otot progresif dengan pemberian essential oil kenanga dan satu kelompok diberikan intervensi massage kaki dengan pemberian essential oil kenanga. Hasil uji Dependent t-Test kelompok relaksasi otot progresif didapatkan nilai p=0,000 (a<0,05) dan pada kelompok massage kaki didapatkan hasil nilai p=0,000 (a<0,05), sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah dilakukan tindakan relaksasi otot progresif dan massage kaki dengan pemberian essential oil kenanga. Perbedaan kedua kelompok ditandai dengan hasil rata-rata penurunan tekanan darah sistolik pada kelompok relaksasi otot progresif nilai mean yaitu 5,92 mmHg, kelompok massage kaki nilai mean yaitu 9,2 mmHg dengan nilai signifikan p=0,000 (a<0,05). Relaksasi otot progresif dan massage kaki dengan pemberian essential oil kenanga efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada lansia namun teknik massage kaki lebih efektif dibandingkan dengan relaksasi otot progresif.

Article Details

How to Cite
WAHYUNI, Wahyuni; SUHARIYANTI, Enik; PRIYANTO, Sigit. Efektivitas Relaksasi Otot Progresif dan Massage Kaki dengan Pemberian Essential Oil Kenanga dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia. URECOL, [S.l.], p. 335-344, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1399>. Date accessed: 18 dec. 2017.
Section
Articles