Hubungan Efek Kemoterapi Fase Induksi dengan Kepatuhan Pasien Kemoterapi Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) Di RSUD Dr. Moewardi

Main Article Content

Mursudarinah Mursudarinah Tika Wahyu Wardani

Abstract

Latar Belakang; Kemoterapi pada LLA terdiri dari 4 fase. Salah satunya yaitu fase induksi yang merupakan fase awal dan merupakan fase yang penting dari kemoterapi. Efek samping kemoterapi timbul karena obat-obat kemoterapi sangat kuat, dan tidak hanya membunuh sel-sel kanker, tetapi juga menyerang sel-sel sehat, terutama sel-sel yang membelah dengan cepat. Efek samping dapat muncul ketika sedang dilakukan pengobatan atau beberapa waktu setelah pengobatan.  Tujuan; Mengetahui Hubungan Efek Kemoterapi Fase Induksi dengan Kepatuhan Menjalankan Kemoterapi pada Pasien Limfoblastik Leukemia Akut (LLA) di RSUD Dr. Moewardi. Metode; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, jumlah sample 50 orang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan check list melalui medical record pasien, kemudian data penelitian dianalisis  dengan uji statistik chi square Hasil; Sebanyak 23 responden (46%) mengalami efek ringan dan 27 responden (54%) mengalami efek berat. Sebanyak 38 responden (76%) patuh terhadap pengobatan dan 12 responden (24%) tidak patuh terhadap pengobatan. Uji bivariat menggunakan uji statistik Chi Square yaitu angka signifikan p value = 0,730 > 0.05. Kesimpulan: Tidak ada pengaruh efek samping kemoterapi fase induksi terhadap kepatuhan pasien LLA dalam menjalankan kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi.

Article Details

How to Cite
MURSUDARINAH, Mursudarinah; WARDANI, Tika Wahyu. Hubungan Efek Kemoterapi Fase Induksi dengan Kepatuhan Pasien Kemoterapi Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) Di RSUD Dr. Moewardi. URECOL, [S.l.], p. 489-494, dec. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1540>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles