Efektifitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk Menurunkan Tingkat Stress Pasca Bencana pada Warga Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010

Main Article Content

Retna Tri Astuti Muhammad Khoirul Amin Nurul Purborini

Abstract

Bencana merupakan kejadian yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang dapat disebabkan oleh faktor alam dan/atau non alam, sehingga timbul korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta, dan dampak psikologis. Penyitas bencana memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan fisik dan psikologis. Masalah ini dapat terjadi karena terbatasanya sumber-sumber dukungan sosial, material, dan personal. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui efektifitas terapi SEFT dalam menurunkan tingkat Post Traumatic Stress Disorder pada warga pasca erupsi Gunung Merapi. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Analisa data menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi SEFT mampu menurukan tingkat PTSD pada korban dampak erupsi merapi pada tahun 2010.

Article Details

How to Cite
ASTUTI, Retna Tri; AMIN, Muhammad Khoirul; PURBORINI, Nurul. Efektifitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk Menurunkan Tingkat Stress Pasca Bencana pada Warga Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010. URECOL, [S.l.], p. 397-400, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1597>. Date accessed: 17 dec. 2017.
Section
Articles