Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran (Set Induction Skills) terhadap Perhatian Siswa pada Kegiatan Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur

Main Article Content

Kusmajid Kusmajid
Lanjar Pratiwi
Dita Prihatna Wati

Abstract

Masalah pendidikan yang dialami siswa di sekolah merupakan masalah yang cukup kompleks. Hal ini disebabkan karena banyak persoalan-persoalan yang harus dipecahkan yang terkait dengan masalah belajar siswa termasuk pada awal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh (sensus). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan uji regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 13,19 + 0,742X. Hasil perhitungan ANAVA didapat F hitung (0,495) < F tabel (2,245). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment didapat r hitung (0,465) > r tabel (0,339) yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara keterampilan membuka pelajaran dengan perhatian siswa pada kegaitan pembelajaran IPS. Dari perhitungan koefisien determinan diperoleh 0,2162 artinya keterampilan membuka pelajaran memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 21,62% terhadap perhatian siswa pada kegiatan pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Kusmajid Kusmajid, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Bekerja sebagai dosen di jurusan PGSD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. dan memiliki jabatan akademik sebagai lektor. Sedang meneruskan studi lanjut S3 di Universitas Negeri Jakarta program Pendidikan Dasar.